Apasih
psikologi konsumen itu…?
Psikologi konsumen itu adalah
penelitian sikap dan kecenderungan seseorang atau kelompok dalam mengkonsumsi
atau membeli suatu produk tertentu. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Seperti
seseorang yang sudah terbiasa merokok maka apabila sehari saja ia tidak merokok
maka akan ada rasa yang tidaknyaman. Adapun perokok ini kecenderungan terhadap
hanya pada rokok tertentu saja.karena psikologi konsumen ini berkaitan erat
denganbagai mana mempelajari sikap konsumenyang berkaitan dengan proses mental
baik normal maupun abnormal dan pengaruhnya pada konsumen tersebut.
Dan
kaitannya dengan pengambilan keputusan dalam pemasaran….?
Kaitannya psikologi konsumen dalam
pengambilan keputusan dalam pemasaran adalah bagai mana perusahaan memasarkan
produknya pada konsumen.Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh
seseorang/ organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan
membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku
konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian,
pembelian, dan setelah pembelian. Pada tahap sebelum pembelian konsumen akan
melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan jasa. Pada tahap
pembelian, konsumen akan melakukan pembelian produk, dan pada tahap setelah
pembelian, konsumen melakukan konsumsi (penggunaan produk), evaluasi kinerja
produk, dan akhirnya membuang produk setelah digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar