Sabtu, 13 Oktober 2012

PSIKOLOGI KONSUMEN




Apasih psikologi konsumen itu…?
Psikologi konsumen itu adalah penelitian sikap dan kecenderungan seseorang atau kelompok dalam mengkonsumsi atau membeli suatu produk tertentu. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Seperti seseorang yang sudah terbiasa merokok maka apabila sehari saja ia tidak merokok maka akan ada rasa yang tidaknyaman. Adapun perokok ini kecenderungan terhadap hanya pada rokok tertentu saja.karena psikologi konsumen ini berkaitan erat denganbagai mana mempelajari sikap konsumenyang berkaitan dengan proses mental baik normal maupun abnormal dan pengaruhnya pada konsumen tersebut.
Dan kaitannya dengan pengambilan keputusan dalam pemasaran….?
            Kaitannya psikologi konsumen dalam pengambilan keputusan dalam pemasaran adalah bagai mana perusahaan memasarkan produknya pada konsumen.Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian, dan setelah pembelian. Pada tahap sebelum pembelian konsumen akan melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan jasa. Pada tahap pembelian, konsumen akan melakukan pembelian produk, dan pada tahap setelah pembelian, konsumen melakukan konsumsi (penggunaan produk), evaluasi kinerja produk, dan akhirnya membuang produk setelah digunakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar